Sugiarto's Blog

Berbagi Informasi dan Pengetahuan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Ditemukan Sumber Energi Baru

Posted by sugiartoagribisnis pada 19 Juni 2010

PARA PENELITI dari Universitas Leeds, Inggris, telah menemukan petunjuk baru asal usul kehidupan di Bumi. Tim menemukan bahwa senyawa yang dikenal sebagai pyrophosphite mungkin telah menjadi sumber energi penting bagi bentuk-bentuk kehidupan primitif.

Ada beberapa teori yang saling bertentangan bagaimana kehidupan di Bumi muncul dari benda mati miliaran tahun lalu – suatu proses yang dikenal sebagai abiogenesis.

“Ini adalah pertanyaan ayam dan telur,” kata Dr Terry Kee dari Universitas Leeds, yang memimpin penelitian ini. “Para ilmuwan dalam perselisihan atas apa yang datang pertama – replikasi, atau metabolisme. Tapi ada bagian ketiga, yang menunjukkan adanya persamaan – dan itu adalah energi.”

Semua makhluk hidup memerlukan pasokan energi yang terus-menerus agar dapat berfungsi. Energi ini ada di sekitar tubuh kita dalam bentuk molekul tertentu, salah satu yang paling dikenal sebagai ATP (Adenosine triphosphate), yang mengubah panas dari matahari ke dalam bentuk yang berguna bagi hewan dan tanaman.

Pada suatu waktu, tubuh manusia mengandung hanya 250 gram ATP. Ini sama dengan jumlah energi dari satu baterai AA. Sumber ATP terus digunakan dan mengalami regenerasi dalam sel melalui sebuah proses yang dikenal sebagai respirasi, yang didorong oleh katalis alami yang disebut enzim.

“Anda perlu enzim untuk membuat ATP dan Anda perlu ATP untuk membuat enzim,” kata Dr Kee. “Pertanyaannya adalah: dari mana energi berasal, sebelum kedua hal itu ada. Kami berpikir bahwa jawabannya mungkin terletak pada molekul sederhana seperti pyrophosphite yang secara kimia sangat mirip dengan ATP, tapi memiliki potensi untuk mentransfer energi tanpa enzim.”

Komponen kunci baik ATP maupun pyrophosphite adalah unsur yang disebut fosfor, yang penting untuk semua makhluk hidup. Fosfor ini bukan hanya komponen aktif ATP, tapi juga membentuk tulang punggung DNA dan penting dalam struktur dinding sel.

Namun, meskipun penting untuk kehidupan, kita tidak sepenuhnya mengerti bagaimana fosfor pertama kali muncul di atmosfer kita. Satu teori menyatakan bahwa fosfor terkandung dalam banyak meteorit yang bertabrakan dengan Bumi miliaran tahun yang lalu. [*] Medical News Today/University of Leeds/NF/DPT

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Chemical Communications.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: