Sugiarto's Blog

Berbagi Informasi dan Pengetahuan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Analisis Peluang Bisnis E-Book Online

Posted by sugiartoagribisnis pada 29 November 2010

Permintaan tertinggi untuk produk informasi teknologi online salah satunya adalah penjualan untuk e-book (buku elektronik), dari beberapa situs terkenal di internet hampir lebih dari 50 persen menawarkan e-book untuk semua jenis kegiatan bisnis. tampaknya bisnis ini pernah mencapai puncaknya pada tahun 2000-an dimana salah satu situs memperoleh keuntungan lebih dari 1,2 juta dollar dalam setiap tahunnya dari penjualan e-book.

Strategi pemasaran e-book bervariasi, beberapa marketer online menawarkan dengan metode multilevel marketing dan market online dengan lebih banyak menawarkan e-book secara kontinue, setiap produsen e-book mendapatkan sedikitnya 25% royalti yang berhak di terima dari setiap e-book yang terjual, dengan demikian jika kita asumsikan satu buah e-book dijual dengan harga minimal Rp. 50.000 dan dalam satu tahun terjual lebih dari 1000 buah e-book maka keuntungan yang dapat diperoleh selama satu tahun berkisar antara Rp. 12,500,000 tanpa harus susah payah menawarkan e-book tersebut karena internet menyediakan layanan 24 jam non-stop untuk penawaran.

Membuat dan memproduksi e-book hanya bermodalkan keahlian dalam menggunakan komputer, selain itu pembelian software dan berbagai fasilitas penunjang yang tidak menghabiskan biaya besar, meskipun demikian bukan berarti tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap produsen karena mereka harus mempublikasikan e-book yang dimilikinya dan bekerjasama dengan situs yang khusus menawarkan produknya.

Analisis biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap penjualan e-book dapat Anda ketahui dengan mulai bergabung dengan salah satu situs yang membuka bisnis tersebut. contohnya jika kita ingin menawarkan e-book secara online, maka setiap orang harus mendaftar sebagai member dengan membeli produk e-book, untuk kemudian setiap admin situs tersebut akan menyebarkan nama anda ke seluruh situs untuk mencari calon pembeli secara online dan kita tinggal menunggu hasil dari penjualan e-book tersebut.

E-book memang menjadi andalan penjualan produk secara online, selain mudah biaya yang dikeluarkanpun relatif murah, jadi wajar saja jika kemudian bisnis penjualan e-book mengalami peningkatan terus setiap tahunnya.

Ulasan :

Melihat wacana bisnis e-book online di atas , tampaknya cukup menarik. Berbisnis di dunia maya ternyata tidak serumit berbisnis di dunia nyata. Berbisnis di dunia maya cukup mudah dan biaya yang dikeluarkanpun relatif murah. Untuk berbisnis online ini, kita harus mempunyai keahlian dalam menggunakan computer, selain itu diperlukan software dan berbagai fasilitas penunjang yang dapat dibeli dengan tidak menghabiskan biaya yang besar.

E-business (bisnis elektronik) di dunia maya dengan memanfaatkan jaringan internet ini juga tidak membutuhkan manajemen yang rumit. Tidak butuh banyak orang sebagai karyawan. Jadi kita tidak butuh menentukan jobdis untuk pelaku bisnis ini. Jika kita mau, kita dapat menjalankan bisnis ini sendirian.

Bisnis ini memang terlihat mudah, namun demikian kita di tuntut untuk terus menerus mengikuti perkembangan dan informasi yang ada sehingga bisnis yang kita bangun dapat tetap bertahan dan terus berkembang. Selain itu setiap produsen e-book harus pandai mencari link di dunia maya, karena mereka harus mempublikasikan e-book yang dimilikinya dan bekerjasama dengan situs yang khusus menawarkan produknya.

Maka dari itu sebagai mahasiswa yang dituntut untuk mandiri, sepertinya berbisnis melalui jaringan internet ini dapat dicoba, dengan catatan kita mau terus-menerus menggali informasi tentang seluk-beluk bisnis di duna maya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: