CONTOH RENCANA BISNIS : PERUSAHAAN SUSU KEDELAI “SARI ALAMI”
Posted by sugiartoagribisnis pada 11 Desember 2010
RINGKASAN EKSEKUTIF
Perusahaan Susu Kedelai “SARI ALAMI” direncanaka bertempat di Perumahan Telang Indah Gg. 3 Blok G no. 2 milik Sugiarto. Struktur organisasinya terdiri dari pimpinan kemudian di bawahnya diikuti bagian-bagian yang dibantu pekerja. Bagian-bagian itu antara lain ; bagian produksi, bagian pengadaan bahan baku, bagian keuangan, dan bagian pemasaran.
Usaha ini dipilih karena prospek pengolahan kedelai menjadi susu kedelai sekarang ini cukup menjanjikan, kandungan gizi yang terkandung didalamnya memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan manusia serta mudah dalam pembuatanya. Hanya dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus, siapapun dapat melakukan pengolahan kedelai menjadi susu kedelai.
Susu kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dibungkus plastik ukuran ½ kg. Pada plastik akan disablon dengan label: Susu Kedelai “SARI ALAMI”. Sasaran pasar poduk susu kedelai ini utamanya adalah mahasiswa kampus universitas Trunojoyo dan Masyarakat sekitar Kamal-Bangkalan. Tempat penjualannya di kampus, bisa dititip di etalase Fakultas Pertanian atau di Kopma, di toko atau warung-warung di sekitar perumahan Telang-Kamal-Bangkalan, atau bahkan di supermarket- supermarket terdekat. Adapun harga jual dari produk susu kedelai ini adalah Rp. 3.000 @ ukuran plastik ½ kg.
Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business.
Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar kedelai ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli komsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menegah bawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.
Total biaya usaha ini adalah Rp. 15.298.625 perbulan dan penerimaan per bulan Rp. 18.300.000 , sehingga pendapatan perbulannya adalah Rp. 3.001.375. Dengan R/Cratio sebesar 1,197 dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan (R/C ratio > 1).
I. DESKRIPSI USAHA
A. Data perusahaan
Nama : Perusahaan Susu Kedelai “SARI ALAMI”
Tempat : Perumahan Telang Indah Gg. 3 Blok G no. 2
Basis operasi : Kamal-Bangkalan
Bentuk usaha : Perdagangan dengan pengembangan Usaha Mandiri Kecil & Menengah (UMKM)
B. Data Pengusaha
Nama : Sugiarto
Tempat,Tanggal Lahir : Sumenep, 28 januari 1991
Pendidikan :S1 Pogram Study Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo
Phone: 082333254934
C. Struktur Organisasi & Job Discription
- Job Dscriptions
- Pimpinan (Manager)
– pemilik sekaligus pimpinan
– bertanggung jawab teradap jalannya usaha
– koordinasi, pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan
– pengambil keputusan
-sebagai quality control
2. Bagian Produksi
– kepala bagian produksi mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja
sesuai jobdis
– bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi
– bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen
– menjaga kebersihan produk dalam proses produksi
– cekatan dalam menjaga mutu produk, baik cita rasa, aroma, ataupun tekstur
– mengemas hasil produksi
3. Bagian Pengadaan Bahan Baku
– kepala bagian pengadaan bahan baku mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
– mencari informasi keberadaan bahan baku
– melakukan pembelian bahan baku
– menjaga mutu bahan sebelum diolah (ketika masih dalam penyimpanan)
4.Bagian Keuangan
-kepala bagian keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
– melaksanakan kegiatan keuangan dan administrasi
– mencatat/pembukuan keuangan perusahaan
– mengadakan dana untuk proses pembelian bahan dan proses
– membuat laporan keuangan harian, mingguan, bulanan, triwulan, tahunan
– bertanggung jawab terhadap sistem keuangan
5.Bagian Pemasaran
-kepala bagian pemasaran mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
-mempromosikan dan memasarkan produk
-mendistribuskan produk ke tempat pemasaran, misalnya; toko, warung, atau bahkan super market terdekat
-melayani dengan ramah, menanggapi komplain konsumen dengan ramah dan senyum
D. Alasan Pemilihan Bisnis
Usaha pembuatan susu kedelai ini dipilih karena susu kedelai dikenal sebagai minuman fungsional, sebagai minuman yang bergizi tinggi, minuman yang merupakan hasil ekstraksi dari kedelai ini terutama sekali karena kandungan proteinnya, disamping mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, zat besi, provitamin A, Vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Susunan asam amino hampir sama dengan susu sapi. Untuk itu produk ini tampaknya perlu diperhitungkan dalam menyusun pola menu sehari-hari bagi insan yang memperhatikan kesehatan.
Oleh karena itu prospek usaha pengolahan kedelai menjadi susu kedelai sekarang ini cukup menjanjikan, kandungan gizi yang terkandung didalamnya memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan manusia. Kadar protein kedelai mencapai 35,6 % (berat kering), dan pada varitas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 % – 43 %. Kebutuhan protein yang bersumber dari protein hewani sebesar 55 gram per hari dapat dipenuhi dengan 157,14 gram.
Selain itu tingginya harga susu sapi menjadi peluang/prospek usaha dengan menjadikan susu kedelai menjadi barang substitusi (pengganti) susu sapi, karena harga susu kedelai lebih murah daripada susu produk hewani sementara kandungan gizinya hamper sama. Faktor lain yang menjadikan usaha susu kedelai prospektif adalah mudah dalam pembuatanya. Dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus, siapapun dapat melakukan pengolahan kedelai menjadi susu kedelai.
II. ANALISIS PEMASARAN
1. Product (produk)
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah susu kedelai. Susu kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas dalam plastik ukuran ½ kg. Pada plastik akan disablon dengan label: Susu Kedelai “SARI ALAMI”. Produk yang dihasilkan memiliki manfaat dan kualitas yang tinggi. Sudah diketahui bahwa produk yang terbuat dari ekstrak kedelai ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk proses metabolisme tubuh.
2. Place (lokasi/distribusi)
Usaha ini berlokasi di Perumahan Telang Indah Gg. 3 Blok G no. 2. Adapun sasaran pasar poduk susu kedelai ini adalah mahasiswa di kampus universitas Trunojoya dan Masyarakat sekitar Kamal-Bangkalan. Tempat penjualannya di kampus, bisa dititip di etalase Fakultas Pertanian atau di Kopma, di toko atau warung-warung di sekitar perumahan Telang-Kamal-Bangkalan, atau bahkan di supermarket- supermarket terdekat.
3. Price (harga)
Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari standar harga normal (misal pada saat cuaca panas atau ketika bulan puasa besar kemungkinan produk ini akan dibanjiri konsumen).
Adapun rencana harga jual dari produk susu kedelai ini adalah Rp. 3.000 @ ukuran plastik ½ kg.
4. Promotion (promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan situs-situs e-business lainnya seperti: berniaga.com dll. serta melalui blog pemilik usaha yaitu ;
sugiartoagribisnis.wordpress.com .
III. ANALISIS OPERASIONAL
1. Desain Produk
Susu kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas. Pengemasan di sisni dilakukan karena memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, karena pengemasan tidak sekedar memberi wadah dari dari produk yang dihasilkan tapi lebih pada pengembanan muatan misi dalam rangka persaingan pasar dan juga peningkatan penjualan. Di mana onsumen akan cenderung tertarik dengan produk yang dikemas dengan rapi dan menarik.
Fungsi kemasan tidak sebatas digunakan sebagai pelindung produk melainkan juga sangat mendukung terjaganya kualitas produk serta adanya peningkatan kelas (penampilan) imej yang baik. Jenis bahan kemasan yang digunakan adalah plastik ukuran ½ kg.
Selain itu, pada kemesan juga akan diberi label. Pemberian label di sini tidak hanya sekedar tulisan, tapi di dalamnya terkandung pesan-pesan tertentu yang disampaikan pada konsumen. Dengan harapan produknya dapat dikenal oleh konsumen luas, sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan. Selain itu label juga berfungsi sebagai jaminan atas kualitas produk, sarana untuk merk dagang, logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan, dan berat atau volume produk. Informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen tersebut terangkum dalam tulisan yang dicetak pada kemasan produk. Maka pada kemasan plastik akan disablon dengan label: Susu Kedelai “SARI ALAMI” dan juga logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan, dan berat atau volume produk.
2. Proses Produksi
-
- Bahan:
- Kedelai
- Vanili
- Gula pasir
- Garam
- Maizena
- Air mineral (galonan)
- Bahan:
- Cara membuat:
- Kedelai dicuci dan dibersihkan dari kotoran-kotoran seperti pasir, tangkai, dan kulit kedelai, kemudian direndam kurang lebih 2 jam.
- Rebus kedelai yang telah bersih selama kira-kira 15 menit, lalu rendam dalam air bersih selama kira-kira 12 jam.
- Cuci sampai kulit arinya terkelupas.
- Lalu giling kedelai tersebut menggunakan mesin giling.
- Campur kedelai yang sudah halus dengan air panas. Aduk-aduk campuran sampai rata.
- Saring campuran dengan kain saring, sehingga diperoleh larutan/sari untuk susu kedelai.
- Tambakan gula pasir, vanili, coklat, dan garam ke dalam larutan susu, lalu aduk sampai rata dan panaskan hingga mendidih.
- Setelah dingin susu kedelai yang sudah mengalami beberapa proses atau langkah-langkah di atas maka dikemasdan kini siap untuk di pasarkan.
IV. ANALISIS PELUANG PASAR & PESAING
1. Analisis Peluang Pasar
Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar kedelai ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli komsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menegah bawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.
Metode pemasaran Susu Kedelai “SARI ALAMI” ini adalah dengan menyebarkan brosur-brosur pada masyarakat pada permulaan usaha serta metode getok tular, dengan membuat para konsumen merasa puas terhadap sajian produk dan pelayanan prima yang disuguhkan perusahaan akan mampu membuat mereka menyebarkannya pada orang sekampungnya (dari mulut kemulut).
Sasaran pasar poduk susu kedelai ini utamanya adalah mahasiswa kampus universitas Trunojoyo dan Masyarakat sekitar Kamal-Bangkalan. Tempat penjualannya di kampus, bisa dititip di etalase Fakultas Pertanian atau di Kopma, di toko atau warung-warung di sekitar perumahan Telang-Kamal-Bangkalan, atau bahkan di supermarket- supermarket terdekat.
Untuk menembus tingkat pasar yang optimal, maka diperlukan sekali untuk memikirkan strategi yang akan ditempuh untuk membangun usaha agar mendapatkan respon yang bagus dari konsumen di pasar bersaing. dengan menganaliasa lingkungan internal dan eksternal yang ada di pasar domestik akan mempermudah bagi perusahaan dalam menyusun strategi yang baik dan efisien.
2. Tingkat Persaingan
Melihat situasi di tempat yang akan dimasuki produk, sepertinya produk susu kedelai ini akan laku di pasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan sangat pas untuk ukuran dompet mahasiswa.
Selain itu pesaing yang akan menyaingi produk ini tampaknya belum ada khususnya di kampus Universitas Trunojoyo.
.
V. ANALISIS KEUANGAN
1) Analisa Biaya Usaha
a. Biaya tetap
No | Uraian | Jumlah (unit) | Harga (Rp) | Jumlah harga (Rp) | Masa pakai (Th) | Penyusutan (Th) | Penyusutan (Bln) |
1 | Rumah produksi | 1 | 10.000.000 | 10.000.000 | 10 | 1.000.000 | 83.333,33 |
2 | Diesel giling | 1 | 2.750.000 | 2.750.000 | 10 | 275.000 | 22.916,67 |
3 | Kain 1 meter | 2 | Rp. 5000 | 10.000 | 1 | 5.000 | 416,67 |
3 | Gunting | 5 | 5.000 | 25.000 | 2 | 12.500 | 1.041,67 |
4 | Bak | 6 | 17.000 | 102.000 | 2 | 51.000 | 4.250,00 |
5 | Keranjang | 4 | 25.000 | 100.000 | 2 | 50.000 | 4.166,67 |
6 | Kompor | 4 | 150.000 | 600.000 | 6 | 100.000 | 8.333,33 |
7 | Panci | 4 | 75.000 | 300.000 | 6 | 50.000 | 4.166,67 |
Total | 13.887.000 | 128.625,00 |
b. Biaya variabel
No | Uraian | Jumlah(unit) | Harga( Rp) | Jumlah harga (Rp) |
1 | Bahan baku | |||
Kedelai | 10 kg | 6000 | 60.000 | |
Gula pasir | 4 kg | 8.000 | 24.000 | |
Vanili | 2 bungkus | 2000 | 4.000 | |
Coklat | 2 kaleng | 15.000 | 30.000 | |
2 | Bahan pendukung | |||
Gas LPG | 8 tabung | 17.500 | 140.000 | |
Plastik ukuran ½ kg | 1 bendel | 5.000 | 5.000 | |
Solar | 4 liter | 4.500 | 18.000 | |
Sablon label plastik | 1 bendel | 3.000 | 3.000 | |
3 | Tenaga kerja | |||
Pencuci kedelai | 2 orang | 20.000 | 40.000 | |
Perebus + Penyaring + Pengemas | 2 orang | 20.000 | 40.000 | |
Penggiling | 1 orang | 30.000 | 30.000 | |
Pengantar utk dipasarkan | 1 orang | 20.000 | 20.000 | |
Administrasi keuangan | 1 orang | 25.000 | 25.000 | |
Pengadaan bahan | 2 orang | 25.000 | 50.000 | |
Total | 489.000 |
Biaya variabel perbulan adalah Rp. 489.000 x 30 = Rp. 14.670.000
c. Biaya lain – lain (perbulan)
no | Uraian | Volume | Harga per unit | Jumlah harga | |
Jumlah | Unit | ||||
1 | Transportasi | 1 | Bln | 200.000 | 200.000 |
2 | Promosi | 1 | Bln | 100.000 | 100.000 |
3 | Listrik | 1 | Bln | 200.000 | 200.000 |
Total | 500.000 |
Jumlah biaya usaha
No | Jenis biaya | Jumlah biaya (Rp/bln) |
1 | Biaya tetap | 128.625 |
2 | Biaya variabel | 14.670.000 |
3 | Lain – lain | 500.000 |
Total | 15.298.625 |
2). Penerimaan, pendapatan dan R/C ratio usaha
No | Jumlah produksi | Harga perunit (Rp) | Penerimaan per hari (Rp) | Penerimaan per bulan (Rp) |
200 kemasanAmpas 2 kg | 3.0005.000 | 600.00010.000 | 18.000.000300.000 | |
Total | 18.300.000 |
Pendapatan (laba) perbulan = total revenue – total cost
= 18.300.000 – 15.298.625
= 3.001.375
R/C ratio = total revenue : total cost
= 18.300.000 : 15.298.625,01
= 1,197
Berdasarkan hasil dari Tabel Analisis Biaya dan penghitungan diatas dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan (R/C ratio > 1).
VI. ANALISIS SWOT
1.Strengths (Kekuatan)
a) Proses pembuatannya mudah dan sederhana
b) Kualitas rasa dan tekstur produk yang khas (beda dengan yang lain).
c) Harga jual murah meriah
d) Tempat penjualan dan konsumen telah tersedia
e) Memanfaatkan e-Business untuk mempromosikan produk melalui internet.
f) Tempat produksi ada di wilayah perumahan yang rata-rata kost mahasiswa
g) Kemasan menarik dan berlabel
h) Kualitas produk terjamin
2.Weaknesses (Kelemahan)
a) Harga bahan baku (kedelai) yang relatif tidak menentu (stabil) bahkan beberapa waktu yang lalu sempat menglami kelangkaan.
b) Manejemen perusahaan masih sederhana
c) Terdapat endapan pada susu kedelai.
d) Jika tidak tepat prosesnya terdapat tahu di lapisan atas susu
e) Kuarang cukup modal mengingat kita sebagai mahasiswa
f) Proses produksi bentrok dengan jadwal kuliah
g) Ketidak tahuan masyarakat terhadap kandungan gizi yang diliki susu kedelai
3.Opportunities (Peluang )
a) Pertumbuhan pasar dimungkinkan meningkat
b) Peluang pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan
c) Belum ada pesaing khususnya untuk pemasaran di kampus
d) Keterbukaan untuk menggunakan teknologi baru ke depannya untuk membuat kemajuan besar dibidang produksi khususnya.
e) Cuaca Madura khususnya Bangkalan yang panas membuat orang ingin mengkonsumsi minuman yang segar
4. Threats (Ancaman)
a) Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian produk
b) Susu kedelai tidak bisa disimpan lama dan akan merugikan jika tidak laku dalam sehari
c) Munculnya pesaing baru
d) Banyaknya variasi minuman ringan
ziya s said
contoh yang bagus,sangat membantu..
widya chaeroni said
sangat bagus…..makasih atas contoh yang anda tulis
sugiartoagribisnis said
sama2
mustafa said
tks, saya mau coba
Nasrul said
Thanks buat contohnya…
ervina said
bgs rencananya bisnisnya 🙂
sugik said
Terima kasih, saya juga membuat modul rencana bisnis untuk produksi susu kedelai steril. Tulisan mas Sugiarta sangat membantu. Terima kasih banyak, mudah-mudahan amal mas Sugiarta mendapat balasan pahala dari Allah. Amin
sandy said
bagus..
bisa menjadi inspirasi bagi mhsisswa u/ maju dlm hal bisnis…
asiy said
saya ibu asiy di surabaya, boleh saya main ke alamat di atas? itu di kamal/bangkalan? tulisan mas inspiratif. semoga tambah berkembang usahanya
drack87 said
mantap tulisannya,.,
endang s said
membantu cuy!!
yaya nagfa said
terimakasih, udah bantu kali ini dalam tugas pengantar bisnia 😀
Rusdin said
Wah mantap….
Thanks banget brther tas contohnya
ini sangat membantu untuk menyelesaikan tugas dari dosen.
sukses untukmu sllu n GBU… amin…. 🙂
nana mulyana said
than’x bangettt
Didik Sanjuu said
makasih,,,,sangat bermanfaat bgt.
noviiputrii said
::kaka thank buat cntoh rencana bisnis.ny_sangat bermanfaat … 🙂 ::
sintia said
mas makasih infonya,, q bisa ngerjain tugas liat contohnya mas…
astrie said
terimakasih,,,sangat membantu ^^
まさ きゆらし ルイドゥ said
Makasi yah, bermanfaat bangeeet >__<
Arigato again………………….
ricky alfiandri said
mantap tulisannya 🙂
Astyani Setiadi said
sangatt membantuu 🙂
Asep.s said
Ok Bgt,,tks
lahmmang said
thank”s ea tas infoy,,
DeWi Sulis TheChefmaster said
sangat membantu kak….makasih ya
sugiartoagribisnis said
sama2…
etio_pras@yahoo.co.id said
mksih mas dgn ini sya bs ngrjkan tgas, tpi denah lokasinya mana mas?
051188 said
mksi atr contohx uda mmbntu aku dlm mnyusun rencna bisnis,,,tp mna denax
jojon said
bagus bang!!!! kebetulan saya ada tugas kuliah juga nih, di suruh bikin rancangan usaha! xD
Devionica said
hebat, makasii yaa Blognya udah mau di share n mau bagi ilmu ;p
suadin said
bapak pernah gagal juga gak, waktu membuka usaha ini??
ahmad rifai said
Stock kacang kedelai pecah dalam jumlah tonase, minat serius hub Saya , Trims
indri said
terima kasih banyak untuk contohnya sangat membantu
mita apriliya (@apriliya_mita) said
sugik memang is the best…wkwkwkkww
sugiartoagribisnis said
yuuuuttt, hehehe
fhynta said
errrrrrrrrrrrrrrr
SURATIJA said
TERIMA KASIH, SEMOGA MENJADI AMAL KEBAJIKAN ANDA. AMIIEN
asbu said
bagus.cuman dlm proses produksi kurang di-detailkan,
Guru Komputer said
Tulisan yang menarik.
Semoga makin banyak orang yang kreatif dan inisiatif membuka lapangan pekerjaan.
salam sukses.
sugiartoagribisnis said
salam… amiinnnn
riana said
makasi mas membantu tugas kuliah saya
Eva said
Bisa contohkan gak cara menghitung BEP di usaha ini ??
Triia Orinasazmick said
makasih banget buat contohnya… 🙂
MARIA said
bisa menjadi gambaran saya buat bikin makalah nih
thanks ya 🙂
endang sarijani said
siippss..makasih ya…referensi bagus dan bermanfaat…
Ramadhani said
terimakasi.. 🙂 referensinya seperti yang aku cari.. sukses selalu 🙂
Asa Bhakti said
Terimakasih.. sangat membantu.
maulana ibrahim said
mancap,,,jadi makin smangat untuk ber wirausaha……thanks….
Farizul@kokoaling (@zikry_maarif) said
mksi, ini cnth yg bgus. sya tertrik dan mau mencoba.a…
smg tmbh skss buat anda …
misteruban said
mantab boss artikelnya, ijin copas buat referensi saya.. thanks
verasugilestari said
trmakasih bung admin, postingannya sangat membantu.
desy said
keren banget artikelnya,….. akan saya coba terapkan pada bisnis saya, ijin copas ya bos, untuk berbagi ilmu,…. thank’s a lot
Sepatu Kickers said
Thank you bro. Akhirnya selesai juga tugas ane. Stuktur biayan ente ane pake. Informatif dan mantap.
Didi said
sangat bagus artikelnya, ijin mencontek ya mas..terima kasih
manda said
thks
rona said
thanks ya..sangat bermanfaat buat saya
VidicGreen said
Terimakasih karena dapat referensi untuk menyelesaikan tugas saya.
Nanda Putri said
THANKS FOR YOUR EXAMPLE
laviana (@lavianaika) said
sipp , terima kasih menambah referensi , sangat bagus dan komplit 🙂
sandy venom said
terimakasih gan, tulisan anda membantu tugas final semester dan menyelamatkan kuliah gw gan..
Adityo Maulana said
ijin copy buat referensi ya… 🙂
Zaqia said
kalangkong kakak 🙂
erwinprasetyo said
terima kasih.. bagus rencana bisnisnya
Johan Prasetya said
terima kasih sangat membantu sekali 🙂
amey said
wah….hebat
pastinya selalu memberi example yang bagus dan sederhana…..
depri said
terima kasih ilmu nye brmanfaat bgt broh…
yulitanjung123 said
maaf izin share mas admind smoga bermanfaat
Yendra_latorumo@ymailcom said
Caranya supaya awet gmna gan?
Ahmad Fadholi said
Bagus banget, terima kasih ilmunya…
harry said
thanks bro..ilmunya
arif said
terima kasih sangat membantu tugas dan bagus mas
imha said
membantu sekali
Intan Purnama said
Terimakasih gan tulisannya sangat membantu .. sy ambil referensi untuk tugas presentasi mingguan ya .. hii
#sangat membantu .. tarimokasih banyak
mesri said
thanks… ini sangat membantu
Fariaz said
Terimakasih banyak artikelnya.. sangat membantu..
satrio said
Mantap.. Bang Sugiarto… kalo boleh minta tata letak proses produksi (layout proses aliran barang) bole?
etikurnia_27 said
thanks
Vin Aditya said
pas banget buat UTS haha. thank you tulisannya
Yuniar said
Mau tanya dong. cara menghitung penerimaan dari jumlah 200 kemasan ampas 2kg kok harga per unitnya mencapai 3.0005.0000 ya? Caranya gimana … masih bingung. mohon bantuannya…
Juanda (@kanou09) said
MANTAP GAN, SANGAT MEMBANTU, TRIMAKASIH BANYAK…..
BISA DIJADIKAN REFERENSI APA SAJA YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MELAKUKAN TUGAS RENCANA BISNIS, SEKALI LAGI MAKASIH BANYAK GAN…… *CAPSLOCKJEBOL
idmhdsdk said
terimakasih min, sangat membantu. share artikel bagus juga nih https://www.finansialku.com/membuat-rencana-bisnis-atau-business-plan/
Lismawati Ibrahim said
mantap . sangat membantu
samsya said
thanksfull min
Nadia Ayatullah Wardhani said
Terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat.
Nugeri Dwiantoro said
sangat bermanfaat, terima kasih!
Sawram dhavi said
Thanks infonya, anak Gunadarma mana suaranya ??
Achmad Dedy Hariadi said
ijin copas gan, buat tugas kuliah
Ria Resti said
Terima kasih kak, ini sngat membantu dan bermanfaat sekali.
Oh iya perkenalankan saya ria resti dari ISB Atma Luhur
sugiartoagribisnis said
Terimakasih, salam kenal balik
Ria Resti said
Terima kasih Ya kak untuk artikelnya, ini sangat berguna dan bermanfaat.
Oh iya kak perkenalkan saya Ria Resti mahasiswa dari ISB Atma Luhur
Mohon dibantu kak ini salah satu Tugas Kuliah 🙏🏻
Cel said
Kak, izin lihat sebagai contoh tugas kuliah saya yaa.. hehe terima kasih..
sugiartoagribisnis said
Silakan..Semoga bermanfaat
Cel said
Hai kak, izin lihat sebagai contoh tugas kuliah saya yaa.. hehe terima kasih..
Taufik said
Terimakasih sangat membantu sekali ijin copy
Mufid Muyassar said
terima kasih kakk bisa sebagai patokan untuk awal membisnis